Sunday, January 16, 2011

Mengidam Gula

'Ngidam gula’ merupakan persoalan umum yang kerap dihadapi ketika kita sedang diet. Dengan beberapa strategi tepat, keinginan mengambil gula secara berlebihan dapat dihindari.

Berkeinginan mengambil sesuatu makan dapat disebabkan banyak hal, di antaranya karena keletihan, kadar serotonim rendah, dan rendahnya tingkat adrenalin.

Penggunaan gula berlebihan juga dapat memiliki potensi psikologis yang berarti Anda mungkin akan cenderung menginginkan gula pada saat Anda stres, depresi, bosan atau Anda memiliki keperluan umum untuk suatu kepuasan.

Dengan sedikit perencanaan dan persiapan, Si Pengidam gula akan dapat menemukan cara–cara sehat menghentikan kebiasaan tersebut.

Seperti dikutip dari makeup.beautyhill, ada beberapa strategi yang efektif mengekang kebiasaaan penggunaan gula berlebihan.

Makan sarapan yang sehat
Sarapan sehat merupakan satu cara mencegah ‘ngidam’ gula. Pastikan Anda menyertakan dalam sarapan karbohidrat kompleks, protein dan serat. Dalam hal ini, Anda dapat memilih sereal gandum dengan susu rendah lemak, telur rebus, sepotong buah, atau smoothie ditaburi dengan flaxseed sedikit.

Makan teratur
Dengan makan secara teratur, Anda akan dapat menyeimbangkan gula darah dengan benar. Selain itu, Anda akan terhindar dari perubahan cepat pada tingkat energi. Cobalah makan makanan ringan setiap 3-4 jam. Menahan godaan untuk makan habis dengan memilih snack sehat sebagai gantinya.

Mengamal minum teh herbal
Fruity the herbal memiliki rasa ringan sehingga dapat membantu mengekang keinginan Anda tanpa tambahan gula. Selain itu Anda juga akan mendapatkan dose yang mengandung antioksida tanpa kalori ekstra.

Kunyah gula getah
Penelitian menunjukkan bahwa mengunyah gula getah akan membantu mengurangi pengambilan gula serta membantu Anda mengurangi jumlah kalori yang Anda makan. Bahkan, menurut sebuah studi, gula getah akan menekan tingkat kelaparan hampir tiga jam setelah makan dan mengurangi asupan kudapan manis sebesar 39 kalori.

Mengalihkan diri
Terkadang ‘ngidam’ gula dipicu faktor psikologis. Setiap kali Anda tergoda untuk meraih makanan, cobalah untuk mengalihkan perhatian diri dengan pergi jalan-jalan, mandi, atau melakukan bentuk latihan fisik. Biasanya, kebiasaan akan berlalu sekitar 10-20 minit.
http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1102542/ngidam-gula-no-way

No comments: