Wednesday, June 22, 2011

Cara Mendekati Kuda


Anda ingin naik kuda. Hampir yakin pasti rasa ketakutan dan cemas ada dihati anda. Hal itu wajar karena kuda adalah binatang besar dan memiliki naluri liar. Namun jangan biarkan perasaan cemas anda itu terus berkecamuk. Kenalilah hal-hal yang paling penting sebelum anda berada dipunggung kuda.
         Harap diingat bahwa cara yang terbaik untuk anda mulai belajar menaiki seekor kuda adalah di sebuah "sekolah berkuda" atau di sebuah "stable" karena disana bersarang orang-orang kuda yang terlatih yang sehari-hari bergelut dengan binatang besar yang sangat manis ini. Sekolah berkuda mengajarkan teori dan praktik tata cara menunggang kuda dengan benar dan aman. Sedangkan sebuah "stable" memberikan pelajaran langsung tentang perawatan kuda dan sebagainya namun tidak secara explisit seperti sebuah "sekolah berkuda".
         Keamanan dan keselamatan adalah hal utama dan pertama yang harus diperhatikan bagi setiap orang kuda. Tidak hanya saat menunggang kuda namun dimulai dari saat anda mendekati seekor kuda, merawat kuda dsb. Seorang penunggang kuda harus paham benar soal memilih peralatan tunggang yang baik, dan juga posisi serta hal-hal yang harus dilakukan diatas punggung kuda. Pakaian berkuda dan pelindung keselamatan standard seperti helmet, sepatu dan peralatan-peralatan lain. Hindari memakai perhiasan berharga dalam menunggang kuda karena toh perhiasan anda tidak akan menarik untuk dilihat lagi bila sudah di atas punggung kuda. Kuda memiliki naluri yang tinggi bila dirasa ada bahaya mengacamnya. Pertahanan yang paling tangguh bagi seekor kuda saat ada bahaya mengancam adalah lari sekencang-kencangnya. Kedua menyepak kebelakang atau menggigit dan menggumul lawan. Oleh karena itu untuk menghindari hal- hal yang membahayakan seperti diatas perlu dilakukan.
         Pilihlah kuda yang sudah jinak dan perangainya baik. Kuda liar membutuhkan waktu untuk dijinakkan oleh para ahli kuda, kuda muda belia butuh waktu untuk dilatih akrab dengan manusia.
         Mendekati seekor kuda paling baik dari arah depan kuda, samping kanan atau kiri bagian depan kuda sehingga kuda mengerti bahwa ada "teman baru" mendekat. Jangan menyentuh kuda di bagian belakang, meskipun anda tertarik dengan ekornya yang menjuntai indah, karena secara reflek kuda akan menendang ke belakang. Sapalah dan sentuhlah bagian kepala, hidung dan kuda akan merespond dengan ramah bila dia berkenan.
         Kenali dengan baik bahasa komunikasi antara penunggang dengan kuda. Penunggang kuda mempergunakan alat yang disebut "bite", atau dalam bahasa jawa "cakotan" atau disebut juga dengan "kendali" yaitu sebuah besi stainless yang dipasang dimulut seekor kuda yaitu tepatnya dibelakang gigi kuda. Kendali diikat dengan tali "lis" kanan dan kiri dan diujung nya menjadi pegangan penunggang untuk memberi kode "maju","mundur", "berhenti", belok "kanan" dan "kiri", "lari" dan "jalan" serta "variasi jalan" lainnya. Disinilah anda membutuhkan seorang pelatih menunggang kuda, bagaimana anda berkomunikasi dengan kuda saat anda sudah diatas punggung kuda.
         Bila anda memutuskan untuk menaikinya, periksalah peralatan sebelum anda memasangnya. Atau suruhlah orang yang sudah ahli menangani peralatan kuda. Pastikan peralatan seperti lebrak (alas), saddle, sanggurdi, peralatan kendali dan tali lis terpasang dengan benar dan dalam kondisi baik.
         Bila anda sudah diatas punggung kuda, konsentrasilah menunggang dan jangan sedikitpun bergurau karena kuda sangat sensitif dengan perubahan tali lis yang anda pegang, perubahan lingkungan yang dilewati, misalkan terkejut, ada ular didepannya, benda jatuh (dedaunan, plastik dsb.) Banyak cerita tentang kuda terkejut dan lari kencang dengan penunggangnya. Bila ini terjadi tahan tali lis sambil kaki terus menjepit untuk mempertahankan keseimbangan tubuh anda.      Kuda sangat senang bila anda ajak kuda berbicara sambil berjalan. Meskipun respondnya tidak lewat suara namun dari gerakan-gerakan kepala, ekor, dan leher kelihatan kuda anda menikmati jalan-jalan anda atau tidak.
         Jadi kenali kudanya sebelum anda menaikinya. Itulah yang perlu anda lakukan jika anda hendak menaiki kuda. Dengan begitu anda akan aman untuk menunggangi si kuda tetapi jika ada orang yang lebih berpengalaman, mintalah untuk mendampingi.
     Agung Ari
153070112 / opini



No comments: