Tuesday, September 6, 2011

Awas Stress : Penyebab Penyakit Tidak Sembuh





Pernah sakit kepala, pening, atau rasa sengal di seluruh badan, perut memulas mulas, nafsu makan berkurang? Pergi ke pusat kesihatan, ke dokter, atau ke hospital, tetapi tak sembuh juga? Hati hati, mungkin kita sedang tertekan alias stress berat. Jika dibiarkan tekanan fikiran ini boleh mengganggu jiwa.
"Kadang sering dokter atau petugas perubatan di pusat kesihaan beberapa kali menerima pasien dengan penyakit yang sama. Obat sudah berulang kali diberikan tetapi tidak juga sembuh. Saat itulah, petugas perubatan biasanya akan mengajak pasien berkonsultasi. Mulai dari masalah penyakit sampai kemungkinan adanya masalah lain yang membebani pasien," kata Ketua Pusat Kesihatan Hakim Siregar, Minggu (9/1/2010).
Dengan membuka konsultasi kejiwaan langsung dengan pasien, diharap warga boleh menyadari persoalan dasar yang menyebabkan tubuhnya sakit sakitan. Kesembuhan pun boleh dicapai dengan konseling kejiwaan dan obat untuk badan atau fisik.
Hal senada diungkapkan pakar psikology Universitas Indonesia Hamdi Muluk. Menurut Hamdi, ketiadaan orang lain terutama orang terdekat yang boleh diajak berkomunikasi. Akibatnya, sering orang merasa sendirian. "Ketika ada masalah, merasa tidak ada jalan keluar dan terkadang pilihan terburuk lari dari masalah adalah dengan bunuh diri," kata Hamdi.
Oleh karena itu, akan lebih baik ketika setiap orang yang merasa sangat tertekan terimpit masalah besar, dipersilakan cepat mendapatkan nasihat pakar psikology untuk konseling. Seseorang yang memiliki anggota keluarga, termasuk teman dekat dan anak buah, yang tiba tiba jadi pemurung, putus asa, menyendiri, juga sebaiknya mendorong mereka agar mahu melakukan konseling. Sekedar luahan perasaan menumpahkan isi hati sudah amat menolong mereka yang tertekan dan putus asa.
http://health.kompas.com/read/2011/01/09/2221524/Sakit.Tidak.Kunjung.Sembuh..Awas.Gangguan.Kejiwaan

No comments: